Pages

15 November 2015

Ini Bahaya Yang Timbul Jika Makan Nasi Panas Dengan Ikan Asin

Selamat datang buat sahabat tanyaOPOO dan selamat membaca info-info menarik seputar kesehatan. kali ini kami akan menyajikan tulisan tentang bahayanya memakan nasi panas dengan ikan asin.

Memakan nasi panas dengan ikan asin alangkah enaknya, apalagi saat musim hujan. Di campur dengan lalapan seperti daun pepaya, kemangi dan di tambah sambal terasi membuat panganan ini begitu makyus. Namun, dibalik kenikmatan yang ditawarkan menyimpan penyakit yang sangat ditakuti, yaitu
kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan ini akan muncul jika kita keseringan dalam jangka panjang mengkonsumsi panganan ini.

"Makan nasi dengan ikan asin memang kelihatan sangatlah enak, namun itu bisa menyebabkan kanker nasofaring (tenggorokan)" kata DR dr. Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, ketua Perhimpunan Dokter Specialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) (sumber:detikcom). Menurut DR.dr. Aru, ikan asin itu mengandung nitrosamin yang merupakan karsinogen (pemicu kanker). Nitrosamin ini muncul dari proses penjemuran dan penggaraman, saat sinar matahari bereaksi dengan nitrit yang ada di daging ikan maka muncullah Nitrosamin.

Saat kita makan nasi panas inilah, menurut DR.dr. Aru, zak nitrosamin ini akan terbawa uap panas yang mengepul ke pori-pori khusus seperti mulut, leher dan tenggorokan. Dan jika keseringan dalam jangka waktu lama atau saat kekebalan tubuh kita menurun, kanker tenggorokan yang disebabkan zat nitrosamin ini akan muncul. Untuk itu, disarankan agar anak kecil tidak mengkonsumsi ikan asin, karena kekebalan tubuhnya masih rendah. Jika dari kecil sudah sering mengkonsumsi ikan asin, saat dewasa akan sangat rentan dengan kanker tenggorokan.

Demikian info sehat yang bisa kami sajikan untuk kesempatan ini. Semoga sahabat tanyaOPOO sekalian bisa mengambil hikmahnya dan mulai menjaga agar tidak terkena penyakit kanker tenggorokan ini.

Info Sehat Populer Lainnya:
Makan Bakso, Lebih Sehat Makan Di Tempat Atau Bawa Pulang Ke Rumah?
Anda Penggemar Telur? Perhatikan Hal-Hal Berikut
Ini Sayur dan Buah Paling Aman Dari Pestisida
Wadah Makanan Anak Banyak Yang Berbahaya
Apa Bahayanya Minum Es Setelah Makan?



0 komentar:

Posting Komentar