Pages

6 Mei 2014

Wadah Makanan Untuk Anak Banyak Yang Berbahaya?

Sudah menjadi kebiasaan ibu untuk membekali anak dengan makanan dari rumah. Harapannya, anak kesayangan mereka tidak kelaparan saat berada di luar rumah. Selain karena lebih murah, bekal yang di bawa dari rumah jelas lebih sehat daripada jajanan di luar. Alasan kesehatan inilah yang menjadi faktor pendorong seorang ibu untuk membekali anak dari rumah.

Alasan kesehatan... Iya, sangat masuk di akal. Tapi apakah wadah bekal anak sudah tergolong aman dari sisi kesehatan? Lho.. Emang ada wadah makanan yang tidak sehat ya? Perlu diketahui, ternyata tidak semua wadah makanan itu aman untuk dijadikan tempat makanan. Berikut penjelasannya, di simak ya....

Kebanyakan wadah makanan yang beredar saat ini adalah berbahan plastik. Baik botol minuman maupun untuk tempat makanan. Ternyata, plastik itu terdiri dari berbagai bahan kimia atau di sebut monomer. Dalam kondisi tertentu, adanya kontak antara makanan dengan plastik bisa menyebabkan perpindahan bahan-bahan kimia dari plastik ke makanan. Wah... bahaya nih..

Migrasi atau perpindahan bahan kimia dari plastik ke makanan disebabkan beberapa hal, yaitu: suhu yang panas, cara pengolahan dan juga lamanya penyimpanan makanan. Semakin tinggi suhu makanan yang dimasukkan ke dalam wadah plastik, maka semakin besar kemungkinan perpindahan bahan kimia ke dalam makanan. Makanya, sebaiknya jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam wadah plastik. Selain itu, lamanya penyimpanan makanan di wadah plastik juga berpotensi menimbulkan perpindahan bahan kimia. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus, jelas akan menimbulkan kesehatan dan meningkatkan resiko kanker.

Hmmm......... Jadi harus bagaimana dong? baca: Supaya Aman, Kenali Jenis dan Kode Plastik wadah makanan anak anda. Karena saat ini, sudah banyak wadah plastik yang aman untuk kesehatan. (tanyaOPOO)


0 komentar:

Posting Komentar