Pages

7 Mei 2014

Supaya Aman, Kenali Jenis dan Kode Plastik


Apakah anda pernah memperhatikan jenis dan kode plastik yang tertera di bagian bawah wadah makanan anak anda? Saya pikir tidak ada waktu atau tidak memperhatikan hal-hal seperti itu. Tapi mulai sekarang, sempatkan waktu untuk selalu membaca kode yang ada demi kesehatan anak-anak anda.
Ada 7 kode yang tertera di bagian bawah wadah plastik yang perlu kita perhatikan. Kode angka tersebut ada di dalam tanda segitiga. Seperti gambar di bawah inilah kode-kode yang ada di kemasan plastik. Namun, tidak ditampilkan bersamaan seperti ini, biasanya hanya satu kode saja.



Kode 1, berbahan Polyethylene Terephalate (PET atau PETE)

Bahan berkode 1 ini berwarna bening dan biasanya dipakai untuk kemasan air minum. Plastik jenis ini hanya untuk sekali pemakaian dan jika di pakai lebih dari satu kali, maka migrasi (perpindahan) zak kimia akan terjadi. Zat kimia akan terlarut dengan air.

Kode 2, berbahan High Density Polyetylene (HDPE)

Jenis plastik ini banyak ditemukan untuk kemasan makanan dan juga obat-obatan. Jenis plastik ini bisanya tidak tembus pandang.

Kode 3, berbahan Polyvinyl Cloride (PVC)

Jenis PVC di kenal sebagai jenis plastik yang berbahaya, sehingga di negara-negara eropa, jenis plastik ini dilarang dipakai untuk mainan anak-anak. Jenis ini biasanya di pakai untuk bahan bangunan dan kemasan bukan makanan. Jika sampai ada wadah makanan atau minuman berkode 3, sebaiknya tidak digunakan.

Kode 4, Low Density Polythylene (LDPE)

Jenis plastik ini biasanya hanya di pakai untuk membungkus sayuran dan daging beku.

Kode 5, berbahan Polythylene (PP)

Jenis plastik inilah yang paling aman dari semua jenis plastik. Makanya banyak dijumpai jenis plastik ini untuk kemasan makanan, minuman dan bahkan botol bayi. Jika digunakan berkali-kali, jenis plastik berkode 5 ini tetap aman. Cek sebentar botol minuman anda atau wadah makanan bekal anak anda, kode nya apa? Kalau kode nya 5, berarti aman.Baca juga Wadah Makanan Untuk Anak banyak Yang Berbahaya

Kode 6, berbahan Polysthyrene

Jenis plastik ini hanya untuk sekali pakai. Seperti piring atau garfu di dalam makanan kotak/styrofoam. Kandungan kimianya sangat berbahaya. Makanya jangan menggunakan wadah ini untuk makanan yang panas, karena akan terjadi perpindahan zak kimia ke dalam makanan. Baca juga : Handphone Anda Banyak Kuman, Atasi Dengan Ini

Kode 7, untuk jenis lainnya

Jenis ini adalah selain dari jenis-jenis yang ada. Tapi bukan berarti plastik ini aman. Karena jenis ini ada juga yang mengandung unsur plastik polycarbonate yang dapat melepaskan PBA. Di dalam jenis ini termasuk juga plastik yang terbuat dari bahan makanan atau disebut bioplastik, seperti dari tepung jagung, kentang dan tebu. Bioplastik sangat aman sebagai kemasan plastik dan juga dapat terurai dalam tanah. Baca juga : Jangan Minum Teh Saat Makan,Ini Akibatnya


Itulah jenis dan kode-kode plastik yang sangat perlu kita perhatikan. Anda pasti bingung, kode mana yang aman untuk kesehatan, apalagi untuk buah hati anda. Pergunakanlah kode-kode plastik nomor 2,4 dan 5. Dan jika terpaksa menggunakan kode 1,3,6 dan 7, gunakanlah sesuai dengan petunjuk atau sekali pakai saja.(tanyaOPOO) 

0 komentar:

Posting Komentar